Diet Ketogenik, Tren Diet Masa Kini !

Ask : Diet Ketogenik itu apa sih?

Ilustrasi Persentase Diet Ketogenik

Halo Sobat! Kali ini aku mau posting artikel pertamaku mengenai Diet Ketogenik. Postingan ini aku ambil dari salah satu blog kesehatan ternama yakni dari Lini Sehat.

Langsung aja, mungkin ada beberapa dari Sobat yang belum paham nih apa maksudnya Diet Ketogenik itu, atau bahkan masih merasa 'asing' dengan istilahnya. Baiklah, aku mau bantu jelasin beberapa informasi yang aku dapat dari internet supaya cukup membantu Sobat semua yang mau coba diet, hehehe.

Jadi, ini lho pengertian diet ketogenik yang perlu Sobat tau :
Diet ketogenik adalah suatu pola makan tinggi lemak, cukup protein, dan rendah karbohidrat. Hampir 80% sumber energi harian diperoleh dari lemak, sementara karbohidrat hanya menyumbang energi dalam porsi yang kecil.

Nah, jadi udah pada tau kan maksudnya diet ketogenik apa? Sekarang mungkin Sobat bertanya-tanya, lalu apa si tujuan dari diet ketogenik? 

Diet ketogenik bertujuan untuk mengubah sistem metabolik tubuh yang terkait dengan penggunaan energi. Pada dasarnya, tubuh menggunakan glukosa yang berasal dari karbohidrat sebagai sumber energi utama. Pada diet ini, lemak dijadikan bahan bakar utama yang dicapai melalui proses ketogenesis. Kalau tubuh telah terbiasa dengan mekanisme ini, maka simpanan lemak di tubuh akan dirombak menjadi energi, sehingga seseorang bisa mengalami penurunan berat badan.



Terus, kira-kira kalo mau ikutan diet ini, apa yang harus dikonsumsi dan juga yang tidak boleh dikonsumsi? Hmm, aku coba share yang aku tau ya Sobat!



  • Yang harus dikonsumsi :
  1. Sobat harus banyak mengonsumsi daging ternak seperti daging domba, sapi, kemudian ikan laut seperti salmon dan tuna, daging unggas dan jugatelur.
  2. Sobat juga harus menyeimbangkan pola makan dengan coba mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam, kangkung, kembang kol, dan brokoli.
  3. Cobalah untuk mengonsumsi buah raspberry untuk hasil yang maksimal.
  4. Perbanyak minum air putih, hindari kopi dan teh yang mengandung gula.

  • Yang tidak boleh dikonsumsi :
  1. Sobat harus menghindari konsumsi yang manis-manis seperti gula, madu, jeruk, apel, pisang, kentang, dan ubi jalar.
  2. Sobat juga harus menghindari makanan yang banyak mengandung tepung, produk rendah lemak, produk yang mengandung lemak tidak sehat seperti gorengan dan mayonnaise.
  3. Terakhir, tentunya sobat harus menghindari konsumsi alkohol ya!

Oke, terus kalo gitu, diet ketogenik ini ada resikonya ngga? Pasti Sobat pun penasaran ya!

Diet ini sebetulnya tidak baik dilakukan untuk jangka panjang karena dapat mengganggu fungsi pembuluh darah, meningkatkan risiko jantung koroner dan stroke. Ditambah dengan banyaknya orang-orang yang salah dalam menerapkan diet ini. Tetapi, untuk jangka waktu yang sebentar, tentunya diet ini tidak akan menjadi masalah. Apalagi jika Sobat selalu menjalankan pola hidup yang sehat dan mengikuti aturan dari diet ini secara teratur.



Nah, itulah beberapa informasi tentang Diet Keto yang bisa Sobat baca dan ketahui. Fyi, ketika melakukan diet ini, Sobat harus selalu perhatikan asupan nutrisi ya! Yaitu 70% lemak, 25% protein, dan 5% karbohidrat. Jadi, selamat melakukan diet ini ya Sobat, semoga tercapai target penurunan berat badan yang diinginkan. Sampai jumpa di postinganku berikutnya!😉



(Tagline:Sarlemjus)




Salam,
Monica Ayu Pramesti

Comments

Popular Posts