Kombucha, Teh Asam Kaya Manfaat

Sobat Blog Monica, pernah coba teh dengan rasa asam? Tapi bukan rasa lemon atau karena basi, loh! Teh ini telah melalui proses fermentasi, sehingga rasanya menjadi asam. Selain itu kombucha juga kaya akan zat gizi dan manfaat yang baik buat kesehatan kamu. Mau tau apa aja manfaat teh ini? So, let’s check it out!

Kombucha

Kombucha merupakan teh yang difermentasi menggunakan bakteri dan jamur baik, sehingga menghasilkan rasa asam dan kaya akan zat gizi. Rasa minuman ini, asam seperti cuka apel atau wine. Awalnya, minuman ini berasal dari negara China yang udah dikonsumsi ribuan tahun yang lalu untuk menjaga kesehatan dan disebut “Teh keabadian”.


Kemudian minuman ini dibawa oleh seorang Dokter dari Korea bernama Kombu ke negara Jepang. Sejak saat itu, minuman ini diberinama ‘Kombucha’, yang berarti teh Kombu. Minuman ini juga terkenal loh, di Rusia pada zaman Perang Dunia ke II dengan nama “Tea K vass”  yang terbuat dari fermentasi ‘jamur’ Jepang.

Kandungan zat gizinya

Walaupun rasanya asam, tapi minuman ini banyak manfaatnya, loh! Dilansir dari tulisan Dr Carmen, minuman ini banyak mengandung vitamin B kompleks untuk menambah energi. Selain itu, kandungan probiotik (bakteri baik) dan enzim yang terkandung didalamnya, akan menjaga sistem pencernaan kamu, loh! Minuman ini juga bisa menjaga tubuh kamu dari penyakit dan membentuk sistem kekebalan tubuh kamu.



Kandungan asam organik didalamnya, seperti asam laktat, asetat, oksalat, glukoronat, mata dan butirat, akan menghambat perkembangan bakteri jahat di tubuh kamu. Oh iya, adanya kandungan asam spesial, yaitu asam glukoronat, juga bisa membantu menghancuran racun yang ada di dalam ginjal, loh!

Penyakit ngga menular

Oh iya, selain itu kandungan antioksidan yang ada di dalam minuman ini, juga bisa menangkal tubuh dari radikal bebas. Berdasarkan tulisan Joe yang dilansir diari healthline.com, kombucha juga menurunkan risiko penyakit jantung, karena teh bisa melindungi kolesterol jahat LDL untuk meningkatkan risiko penyakit ini.



Selain itu minuman ini juga bisa membantu menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh pada penderita diabetes tipe II. Sel kanker pun, bisa dicegah pertumbuhannya dengan minuman ini. Menurut studi yang dilakukan, kombucha bisa mencegah pertumbuhan sel kanker karena adanya kandungan zat antioksidan  dan polifenol di dalam teh.

Ini loh, cara membuatnya

FYI, kamu bisa menggunakan teh jenis apa aja, seperti teh hitam, hijau, oolong atau lainnya. Tapi, disarankan jangan menggunakan Earl Grey, karena kandungan zat minyak bergamot yang bisa mematikan bakteri untuk proses fermentasi.



Seduh teh, kemudian tambahkan gula dan biarkan sampai suhunya turun. Setelah itu tambahkan cuka atau bakteri untuk fermentasi dan tutup dengan kain bersih hingga rapat. Diamkan selama maksimal 7 hari, kemudian sajikan.

Hal yang perlu diperhatikan

Kandungan asam yang tinggi pada minuman ini, akan sedikit sensitif buat kamu yang ngga tahan mengonsumsi minuman asam. Sebaiknya perhatikan cara mengonsumsinya ya. Selain itu, perhatian kandungan alkohol pada minuman ini, karena hasil samping fermentasinya mengandung alkohol.



Jika kamu membuatnya di rumah, jangan lupa perhatikan cara membuatnya ya! Menghindari risiko keracunan yang terjadi akibat fermentasi yang terlalu lama atau kontaminasi dari bakteri jahat.


Nah, sekarang kamu tau kan, apa ja manfaat minuman ini. Jangan lupa share manfaatnya ke orang terdekat Sobat, ya!

Comments

Popular Posts